Kamis, 27 Maret 2014

BP2M Dengan Synersia Foundation Bangkit Untuk Indonesia Yang Lebih Baik

Siapa yang tak kenal dengan Masjid Salman, masjid sejuta umat. Dimana banyak sekali program-program dari setiap divisinya mempunyai program untuk kelangsungan kehidupan yang lebih baik bagi kita. Salah satunya Badan Pemberdayaan dan Pelayanan Masyarakat (BP2M) baru-baru ini membuat program baru bekerjasama dengan Sinergi Untuk Indonesia (Synersia). Sinergi Untuk Indonesia adalah sebuah gerakan yang mengajak para insan terbaik bangsa ini untuk berkarya dan berkontribusi di daerah masing-masing.

Dalam program baru ini mereka ingin membangkitkan semangat baru untuk kepeduliaan mereka terhadap masyarakat yang ada di masing-masing daerah. Jadi BP2M tidak hanya berkontribusi disekitar lingkungan Masjid Salman ITB tetapi berkontribusi menyeluruh ke seluruh Indonesia, karena visi-misi dari Masjid Salman itu sendiri yaitu bisa menjadi tempat berkontribusi bagi semuanya.

Kebetulan dari BP2M sendiri bekerjasama dengan Gerakan sinergi untuk indonesia intinya mereka ingin mengirimkan para alumni perguruan tinggi ke berbagai daerah, seperti Indonesia mengajar tapi mereka disana tidak hanya sekedar untuk mengajar, melainkan melakukan sebuah program-program pemberdayaan untuk masyarakat sekitar.

“Kenapa sih salman bekerjasama dengan pihak yang lain?? Karena kalau saya sendiri merasa bahwa kalau sendirian BP2M dengan korsa juga sendirian, kita tidak akan bisa berbuat banyak makanya kita perlu pihak lain salah satunya Synersia Foundation,” papar Septian Firmansyah (manajer dari BP2M) ketika diwawancarai di taman Masjid Salman, Sabtu (1/6) lalu.

Menurut Septian dengan adanya kerjasama antara pihak BP2M (Perwakilan dari YPM Salman ITB) dengan Synersia Foundation serta ada juga kerjasama dari pihak Yayasan Kalam 17. Dengan begitu akan ada bersinergi antara ketiga kerjasama tersebut di jaringan Salman. Jadi di jejaring Synersia Foundation kita bisa bertemu bareng untuk melaksanakan program yang akan berjalan. Meskipun orang-orang dari synersia sendiri sama-sama orang salman juga. “Cuma, jadi beda fokus saja,” tegasnya.

Gerakan Synersia ini merupakan sebuah gerakan yang dibentuk untuk mensiasati kesenjangan sosial ekonomi yang terjadi antara pusat dan daerah. Dengan solusi yang ditawarkan tersebut adalah dengan mengirimkan para pemuda yang disebut sinergisator ke beberapa daerah penugasan. Selama penugasan, para sinergisator akan merancang dan mengimplementasikan berbagai program pemberdayaan masyarakat, baik pada bidang ekonomi, pendidikan, maupun teknologi tepat guna.

Dari pihak Synersia Foundation sendiri memberikan tanggapan tentang adanya kerjasama ini yaitu A. Yahya (sekretaris Synersia Foundation). “Ya, itu tadi untuk menyelesaikan masalah pemberdayaan masyarakat itu yang didaerah, haruslah menyeluruh yang tidak hanya pada satu sisi saja. Tetapi perlu banyak sisi yang digarap dan mungkin nanti ada teman-teman yang lain menggarap disisi yang lain juga karena kita satu lembaga yang tidak bisa menggarap di semua bidang. karena kita juga punya fokus masing-masing,” Jelasnya.

Semoga saja dengan adanya program baru ini bisa membangun Indonesia lebih baik lagi. Serta Masjid Salman tidak hanya memakmurkan disekitar Salman saja tetapi bisa memakmurkan seluruh umat.

0 komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international voip calls