Jumat, 28 Maret 2014

Grand LMD 170 : Ijtihad Teknologi Untuk Kemerdekaan Hakiki



Peserta dikumpulkan di alam terbuka untuk memperkenalkan kreatifitas apa saja yang telah mereka susun untuk masyarakat, Ahad (17/11).
(Foto: Bustomi)

http://salmanitb.com/2013/11/20/grand-lmd-170-ijtihad-teknologi-untuk-kemerdekaan-hakiki/

Masjid Salman kerap diidentikkan dengan mahasiswa Institut TeknologiBandung (ITB), yang akrab akan isu berbau teknologi. Maka wajar jika Grand Latihan Mujahid Dakwah (LMD) angkatan 170 mengangkat tema “Ijtihad Teknologi Kemerdekaan Hakiki”. Dalam acara yang dilaksanakan pada Jum’at (15/11) hingga Ahad (17/11) lalu di Gedung Serba Guna Indonesia Power UBP Saguling, Padalarang, peserta dilatih untuk menciptakan teknologi tepat guna sebagai solusi bagi masyarakat.

Ardian Rizaldi, Ketua Panitia mengatakan, kader-kader yang ditelurkan LMD diharapkan dapat berperan sebagai mediator. Pada pelatihan tersebut, cara kerja mereka terbagi menjadi empat tahap, yaitu tahap identifikasi masalah,formulasi, konstruksi masalah serta solusi, dan tahap integrasi. Pada tahap identifikasi masalah komunikasi, kader diharapkan dapat mengenali masalah serta mengupayakan solusi menggunakan teknologi yang berbeda-beda.

“Walaupun kasusnya sama tapi mereka harus membuat teknologi yang berbeda,” ujar Ardian Rizaldi, Ketua Panitia LMD, saat diwawancarai di UBP Saguling, Ahad (17/11).

Di tahap kedua, tahap formulasi, peserta tinggal menyusun hasil brainstormingtahap pertama. Setelah formulasi, peserta lanjut ke tahap konstruksi dan solusi. Pada tahap terakhir, peserta tinggal mengintegrasikan berbagai macam solusi yang sudah mereka rundingkan.

Tema Ijtihad Teknologi sendiri juga diusung agar para kader dapat berijtihad untuk menegakkan syari’at Islam berdasarkan nilai-nilai Salman. Di luar itu, peserta pun diharapkan agar dapat memahami problematika dalam masyarakat dan mengaplikasikan solusi dalam bentuk teknologi. [Ed: Dh]

0 komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international voip calls