Kamis, 27 Maret 2014

Seri Training Enterpreunership : Salesmanship (Keahlian Berdagang)



Indra Sabajaya yang sedang mempraktekan cara untuk memperkenalkan produk atau barang yang kita bawa ke pelanggan yang baru kita kenal. Foto Oleh : Bustomi

“Orang enterpreunership itu tidak harus perlu mempunyai modal, pengertian modal ini bisa macam-macam bisa jadi uang. Tapi yang terpenting itu jiwa mentalnya ya itu modal terpenting untuk enterpreneurship, yang bisa jujur dan bisa terpercaya. Dengan bagaimana dia berkomunikasi dengan orang terus bagaimana dia mempunyai jiwa daya tahan bila dia diuji apapun dia tetap akan istiqomah,” ujar M. Indra Sabajaya (Manajer perhubungan dari Bank Mu'amalat) ketika diwawancarai setelah training kewirausahaan.

Banyak memang pengusaha yang ingin mencari kekayaan semata tetapi tidak selamanya sesuai dengan keinginan kita. Akhirnya pun kandas ditengah jalan. Oleh karena itu Beasiswa Visi wirausaha dari Divisi Mahasiswa dan Kaderisasi (DMK) di bawah naungan YPM Salman dan Rumah Amal bekerjasama dengan Bank Muamalat menyelenggarakan Seri Training Wirausaha, pada Sabtu (15/6), bertempat di GSS-E Masjid Salman ITB. Acara ini dimaksudkan untuk mencetak wirausahawan dari para penerima beasiswa visi wirausaha Masjid Salman ITB.

Untuk materi kedua kali ini yang dibahas oleh Indra tentang Salesmanship (Keahlian Berdagang). “Jangan hanya mau untung gede saja, yang penting itu kuat mental!”, papar Indra.

Selain memperhitungkan akan modal keuntungan yang kita dapat, kita juga harus berani dalam mental yang ada di diri kita. Apalagi ketika kita menjadi seorang sales. Kita harus menjual produk yang kita bawa sampai laku terjual.

Tak hanya jual produk, kita juga harus menjual tampang agar orang mau tertarik melihat produk yang kita bawa. Karena ketika berjualan dengan tampang yang kumuh orang pun tak mau mendekati apalagi untuk melihatnya saja sudah tidak mau.

Menjual produk dengan prospek yang sudah ada kita hanya perlu bisa meyakinkan orang mau untuk membeli barang kita. “jualan mah gampang yang penting mental kita,” tegas Indra.

Memang yang terpenting dalam kita berjualan selain mental yang kuat menghadapi berbagai konsumen, kita juga harus bisa mengembangkan aset yang ada. Indra juga memberikan hal yang sangat penting dilakukan selain percaya diri yaitu sikap tenang kita terhadap konsumen, cara berdiri kita, dan belajar melatih berbicara dengan orang lain serta pakaian kita yang pakai.

Untuk pertemuan berikutnya kita akan diajarkan bagaimana mengatur keuangan yang sudah kita dapat dan perilaku kita terhadap uang itu. Oleh sebab itu mulailah kita belajar melakukan itu semua dengan hal-hal yang kecil terlebih dahulu. Agar nanti kita siap untuk bisa menghadapinya.

0 komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international voip calls