Minggu, 10 November 2013

Taman Makam Salman untuk Umat Muslim


http://salmanitb.com/2013/09/panitia-pembangunan-taman-makam-salman/

Denah lokasi Makam Salman.  (Foto: Dok. Panitia)
Denah lokasi Makam Salman.
(Foto: Dok. Panitia)
Akhir-akhir ini mulai bermunculan kompleks pemakaman yang dikelola secara professional tetapi sangat kental dengan muatan bisnis. Dalam artian mereka yang mengelola makam hanya ingin menambah kekayaan semata. Lahan untuk pemakaman umum pun semakin terbatas. Akhirnya makam yang ada di sekitar kita banyak yang tidak memenuhi persyaratan Makam Muslim. Oleh sebab itu Yayasan Pembina Masjid (YPM) Salman ITB merintis program Wakaf Makam Salman. Wakaf makam ini diperuntukan untuk memenuhi kebutuhan makam keluarga besar Masjid Salman ITB dan masyarakat muslim pada umumnya.
“Salman ingin supaya makam itu bagus, harganya tetap murah jadi bukan lagi ajang bisnis. Tapi ya makam ini untuk pelayanan untuk dimanfaatkan bersama. Harga pun kita tekan agar bisa serendah mungkin,” ujar M. Kamal Muzakki selaku penyelenggara, Rabu (18/9) lalu.
Syarat makam muslim sendiri salah satunya adalah harus ada jarak kosong antar makam. Alasannya, karena makam yang satu tidak boleh “menduduki” wilayah makam lainnya. Sebab jika hal tersebut terjadi, Kamal mengatakan, bisa berakibat menambah siksa kubur penghuni makam yang “terduduki”. “Jadi harapannya dengan adanya makam muslim ini, nantinya membuat space untuk peziarah agar bisa tetap ada. Itulah dari sisi kelayakan makam,” sambungnya.
Program Wakaf Salman ini sedang berjalan pada tahap awal, dan akan dibuka pada April 2014. Kompleks pemakaman ini terletak di area KM 99 jalan tol Cipularang, Kecamatan Darangdan, Kabupaten Purwakarta. Lahan yang digunakan seluas 10 hektar (dapat diperluas hingga 50 hektar), sedangkan untuk area pengembangan sejumlah 40 hektar. [Ed: DH]

0 komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international voip calls