Minggu, 10 November 2013

Berbagi Ilmu Lewat Pelatihan LPP di Medan


Pelatihan pembinaan kompetensi siswa di kota Tanjung Balai. (Foto: Dok. LPP)
Pelatihan pembinaan kompetensi siswa di kota Tanjung Balai.
(Foto: Dok. LPP)

Semua orang berhak mendapat pendidikan. Semua anak berhak mendapat kesempatan untuk mengembangkan potensi diri seluas-luasnya. Anak-anak Indonesia mampu berprestasi baik di dalam maupun luar negeri. Oleh karena itu, Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP) Salman ITB mempersiapkan program pendampingan peningkatan kompetensi siswa di bidang sains.  Nantinya peserta program akan diikut sertakan dalam Olympiade Sains Nasional.
“Kita akan mempersiapkan siswa sehingga siap untuk mengahadapi tes kompetensi, khususnya untuk Olympiade Sains Nasional,” ujar Jam’ah Halid, salah satu panitia program ketika ditemui di kantor LPP di Masjid Salman ITB, Rabu (2/10) lalu.
Program pelatihan yang berlangsung selama bulan Oktober  ini akan dilaksanakan di kota Medan. Peserta tidak dibebani biaya apa pun. Fasilitas-fasilitas seperti penginapan dan biaya akomodasi ditanggung oleh Dinas Pendidikan kota Medan.
“Untuk itu LPP hanya mempersiapkan diri untuk olympiade dari segi Sumber Daya Manusianya. Jadi hanya ada tambahan materi yang diberikan kepada mereka. Mulai dari pelatihan motivasi, dan training-training student motivation,” ujar Jam’ah.
Pesertanya sendiri diambil dari sekolah-sekolah di Medan. Mereka adalah siswa-siswi terpilih yang lulus tes seleksi Dinas Pendidikan Medan. Peserta berasal dari jenjang Sekolah Dasar (SD), hingga Sekolah Menengah Atas (SMA).
Jam’ah mengungkapkan, tujuan diadakannya pelatihan ini ialah untuk membantu dan mengembangkan siswa-siswa yang siap berprestasi.  “Intinya itu adalah efek domino. Kebanggaan akan diri akan naik, itu hal pentingnya,” tegas wanita yang akrab dipanggil Mbak Jim ini.
Ia berharap, pelatihan ini dapat dijadikan relawan LPP sebagai ajang pelatihan diri; bagaimana bersosialisasi dengan masyarakat dan bagaimana menempatkan diri di dunia yang berbudaya beda dari Salman.

 Oleh 

0 komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international voip calls