Minggu, 28 Juli 2013

Menjadi Pengusaha Syar’i, Sukses di Dunia dan Akhirat


Peserta menyimak penjelasan dari pemateri seminar “Sukses Menjadi Pengusaha dengan Modal yang Syar’i”, Sabtu (17/3) lalu. (Foto: Bustomi)
Peserta menyimak penjelasan dari pemateri seminar “Sukses Menjadi Pengusaha dengan Modal yang Syar’i”, Sabtu (17/3) lalu.
(Foto: Bustomi)
Menjadi seorang pengusaha sukses dan tetap berpegang pada hukum Islam dapat dimulai dari modal yang syar’i. Modal yang syar’i adalah modal yang sesuai dengan syariat Islam, tanpa ada unsur riba di dalamnya. Hal tersebut disampaikan oleh Ustadz Dr. Erwandi Tarmidzi, M.A, salah satu pembicara dalam seminar “Sukses Menjadi Pengusaha dengan Modal yang Syar’i”, Sabtu (17/3) lalu.
“Kita harus mengikuti apa yang telah diperintahkan oleh Allah SWT dalam mencari harta atau mengembangkan harta dengan cara yang halal. Dimulai dari langkah yang halal, dari modal yang halal juga,” ujar Erwandi, yang menjabat sebagai Pembina Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia (KPMI).
Ia juga menyampaikan bahwa aset pribadi dapat dijadikan sebagai sumber modal. Aset tersebut dijual, dan hasilnya digunakan sebagai modal awal. Dalam setiap proses usaha ini pun dibutuhkan prosesi akad yang didasari kepercayaan satu sama lain.
Kebanyakan peserta ingin menambah ilmu soal dunia bisnis dari sudut pandang Islam.   Muhammad Afif Izzatullah, misalnya. Ia mengikuti seminar ini karena ingin mencari pengetahuan tentang kegiatan wirausaha bermodal syar’i. “Di sini saya menemukan cara untuk belajar menjadi pengusaha yang sesuai dengan ajaran rasul dan yang sesuai dengan ajaran Islam,” ujar Afif.
Acara hasil kerjasama antara Majelis Ta’lim (MaTa) dan Rumah Amal Salman ITB ini memang bertujuan untuk memberikan pengetahuan soal dunia perekonomian yang sesuai dengan syariat Islam. “Jadi tidak sembarangan orang untuk menjadi pengusaha,” tutur Habibi Alisyahbana, sebagai Ketua Pelaksana Kegiatan. [Ed: Dh]
Posted by Bustomi on Monday, 18 March 2013 in Kajian FiqihNewsPojok Salman ·

0 komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international voip calls