Minggu, 28 Juli 2013

Pelayanan Kesehatan Gratis di Kampoeng Bangkit Salman (Manteos)


Gaya hidup sehat harusnya diutamakan dibanding tindakan pengobatan.  Foto: healthylifetoolkit.com
Gaya hidup sehat harusnya diutamakan dibanding tindakan pengobatan.
Foto: healthylifetoolkit.com
Permasalahan yang kini sering terjadi ditengah masyarakat, terutama pada golongan ekonomi menengah ke bawah adalah kurangnya kepedulian akan kesehatan. Perilaku mereka jauh dari gaya hidup sehat, sehingga banyak penyakit yang menjangkiti mereka. Padahal pada prinsipnya tindakan pencegahan jauh lebih baik dari pada penyembuhan.
Oleh karena itu Badan Pemberdayaan dan Pelayanan Masyarakat (BP2M) bersama YPM Salman ITB selenggarakan Balai Pengobatan Gratis dan Pelayanan Kesehatan, Minggu (24/3) lalu. Kegiatan yang merupakan salahsatu program Gerakan Ayo Sehat (GAS) ini dilaksanakan di Kampoeng Bangkit Manteos. Acara ini berisi penyuluhan tentang perilaku hidup bersih dan sehat, dan pengadaan Balai Kesehatan.
“Biaya berobat tidaklah murah, kalaupun sekarang pemerintah telah menggulirkan program pengobatan gratis bagi warga yang kurang mampu, birokrasi pengurusannya menjadi suatu masalah tersendiri bagi mereka, jarak tempuh ke kota pun dapat menjadi masalah bagi mereka yang tinggal jauh dari perkotaan,” tutur Siti Maryam Aulia Ul-Haq, Penanggung Jawab kegiatan.
Di sana mereka diberikan berbagai penyuluhan kesehatan mulai dari konsultasi kesehatan dan pengobatan gratis. Kampoeng Bangkit Manteos merupakan salah satu dari tiga basis model kampoeng sehat yang BP2M dan GAS usahakan agar berkembang menjadi potensi.
Aulia mengungkapkan, tim juga menilai apakah ada calon Kader Sehat yang bisa ikut berperan aktif dan kontributif dengan Program Kampoeng Sehat.“Kami melihatnya dari seberapa antusias dan kontribusi warga dengan kegiatan Pelayanan Kesehatan Gratis ini,” ujar gadis yang biasa disapa Lia ini.
Kampung Bangkit ini terletak di Masjid Al-Hikmah, Kampoeng Manteos Jl. Sangkuriang RW 12, Kel.Dago, Kec. Coblong, Bandung. Acara ini bekerjasama dengan Korps Relawan Salman ITB (KORSA), relawan medis dari UNPAD dan Fakultas Kedokteran (FK) Unisba.
Posted by Bustomi on Tuesday, 26 March 2013 in MasyarakatNewsPemberdayaan Masyarakat ·

0 komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international voip calls